Kamis, 30 Desember 2010

BERCAK MONGOL


·         pengertian
Kulit pada neonatus berbeda dengan kulit pada dewasa, pada anak lapisan kulit lebih tipis, rambut lebih sedikit, ikatan antar sel lebih longgar dan sedikit memproduksi keringat maupun sebum. Demikian fungsi fisiologis belum berkembang lengkap. Kulit pada neonatus dianggap lebih mudah melakukan absorbsi perkutan, juga perbandingan luas permukaan kulit terhadap volume cairan tubuh relative lebih besar, karenanya anak lebih mudah mengalami toksis dan iritasi. Selain itu proteksi kulit belum berkembang sempurna dan pH kulit relative lebih asam, sehingga mudah mengalami infeksi.  
·         Insiden Bercak Mongol
            Hampir 90% bayi dengan kulit berwarna atau kulit asia (Timur) lahir dengan bercak ini, namun pada bayi kaukasia hanya 5%. 

·         Pengertian Bercak Mongol
            Kelainan ini berupa bercak dengan kebiruan, kehitaman, atau kecoklatan yang lebar, Difus, terhadap di daerah bokong atau lumbosakral yang dapat menghilang setelah beberapa bulan atau sekitar satu tahun.
            Menurut Saitoh (1989) bayi premature dan menyimpulkan bahwa menimbulnya Bercak Mongol rata-rata pada umur-umur kehamilan 38 minggu.
            Mula-mula terbatas di fosa koksigea lalu menjalar ke regro lumbo sacral. Lesi ini biasanya berisi sel melanosit yang terletak di lapisan dermis sebelah dalam atau di sekitar Folikel rambut. Kadang-kadang terbesar simetris, dapat juga unilateral.
Tempat predileksi yang lain adalah di daerah orbita dan daerah zigo matikus (nevus ota), yaitu yang mengenai daerah seclera atau fundus mata, atau di daerah delto-trapezius (nevus ito). 

·         Penatalaksanaan
            Nevus ota dan nevus ito biasanya menetap, tidak perlu diberikan pengobatan, cukup tindakan konservatif saja.    
            Namun bila penderita telah dewasa pengobatan dapat dilakukan dengan alasan astetik. Akhir-akhir ini dianjurkan pengobatan dengan sinar laser.
·         Nevus
            Nevus atau istilah sehari-hari diartikan sebagai tanda lahir, yaitu kelainan kulit yang dapat timbul sejak lahir atau muncul setelah beberapa waktu kemudian nevus sering terdapat pada waktu lahir yang berasal dari pembuluh darah kulit melanosit dan sel keratin. Yang berasal dari melanosit umpamanya bercak kebiruan yang lebih dikenal sebagai bercak mongol, dan bercak hipopigmentasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar